vAleNtinE's DAy



SUDAH menjadi tradisi di kalangan muda, bahkan menjangkiti kalangan tua, yang merayakan 14 Februari sebagai hari kasih sayang dunia. Namun tak jarang dari mereka justru belum mengerti mengapa dan ada apa sesungguhnya sehingga 14 Februari itu diperingati sebagai hari Kasih Sayang se-Dunia. Ironisnya, momentum yang seharusnya lebih dekat pada upaya mendorong semangat keimanan dalam agama, sekarang telah berubah menjadi ajang yang kerap jauh dari nilai-nilai agama. Valentine day (ValDay) ditradisikan sebagai sebuah hari di mana pergaulan bebas ‘dibolehkan’, foya-foya dilaksanakan atas nama kasih sayang. Karena kini VD tak lagi memandang batas agama sebagai suatu yang sakral, tak lagi diperingati sebagai momentum agama tertentu, tapi sudah bersifat universal. Para ABG di Indonesia, umumnya di kota-kota besar, bahkan kerap banyak juga yang beranggapan bahwa momentum ini adalah sebuah kesempatan untuk melalaikan tugas mereka yang sebenarnya, yakni belajar dan mempersiapkan masa depan hidupnya.




sejarah dari val day sendiri adalah......

Valentine atau Valentinus sebenarnya adalah nama seorang Martyr, yakni seorang Kristen yang terbunuh karena mempertahankan ajaran agama yang dianutnya (The Standart International Dictionary, XVIII, p. 5090). Valentin ini karena kegigihannya mempertahankan ajaran agamanya diberi gelar Saint atau Santo (St), mempunyai tempat istimewa di dalam ajaran agama Kristen. St Valentin karena menentang Kaisar Claudius II –rezim Romawi saat itu–, akhirnya dihukum dan dibunuh pada abad ketiga (14 Februari 270 Masehi). Karenanya kemudian Valentine ini lantas dijadikan simbol bagi ketabahan, keberanian, kesungguhan dan kepasrahan seorang Kristen menghadapi realitas hidupnya. Namanya sampai sekarang dipuja dan diagungkan dan hari kematiannya diperingati oleh para pengikutnya dalam setiap upacara atau seremoni keagamaan yang dianggap sesuai dengan peristiwa tragis itu.

tapi menurut saya val day tidak hanya dirayakan pada tanggal 14 februari aja ... tapi harus dirayakan setiap hari karena setiap hari bisa dilakukan untuk mengepresikan rasa cinta kita , sayang kita kepada semua orang yang kita kenal .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

koment kalian mendukungku agar ku terus berkreasi dalam blog,,

vierrania site

Photobucket

facebook.com